Sunday, May 29, 2011

Residence, Cibitung 2


front view

main entrance

the stairs
back view
back view

location : Jln. Cibitung 1 No.2, Jkt
owner : Drg. Marty Adani
media: Semut Hitam
photographer : Ayodia Perkasa
ps. Thank God :)

2 comments:

Hotma said...

Secara arsitektur cukup fotogenic. Biarpun ga perlu banyak elemen lainnya selain bidang. Bentuk atap yg di ekspos (tapi ga terlalu 'sombong') bikin bentuk fasad yang monoton jadi agak eksentrik di bagian kepala bangunan.
Kalo secara kulit bangunan, keliatannya cukup banyak unsur cut n' clean dan itu jadi bikin saya penasaran seperti apa layoutnya.. Kalo mau nebak2, sepertinya ada permainan split level di dalam ruangan hunian ini, dan lantai paling atas memiliki ceiling yang tinggi dengan bentuk mengikuti atap.

Sebetulnya saya sendiri bukan penyuka hunian dengan desain minimalis.. Tapi yang penting minimalistrik masuk..:).
Finishing warna, material yg ga perlu banyak ragam dan penerapan menjadikan hunian ini tampak 'low profile' namun tetap megah tapi tidak sombong, bahkan penerapan rumput dan tanaman2 pot pada tangga entrance dan balkon yang 'ciamik tentunya dijadikan trik oleh si perancang dalam memanfaatkan lahan terbuka yang terbatas sehingga menjadikan kesan hunian ini lebih 'teduh' dan efektif di setiap penjuru khususnya di area resapan. Saya ga tau apakah di lingkungan sekitar hunian ini sering terjadi banjir..? Sepertinya si perancang sudah mengantisipasi resiko tersebut, tapi dengan kadar hujan dan debit air yg sedikit di atas batas normal pun lokasi di daerah sekitar Wijaya, Jaksel ini masih cukup aman, karena setau saya drainase disana cukup baik (...sotoy..!)

Kalo seandainya saya sekilas aja ngelewatin hunian ini, mungkin dengan spontan saya akan menilai bahwa rumah ini agak semi introvert. Tetapi setelah ngeliat melalui foto dokumentasi dengan berbagai sudut yang berbeda malahan sebaliknya... Secara ga sadar ada interaksi yang terbuka antara lingkungan terhadap hunian ini, dan juga antara hunian terhadap lingkungan sekitar.
Selidik punya selidik (dengan hanya bermodalkan ngeliat foto), hunian ini sepertinya menghadap Timur..? (...sotoy lagi..! )
Bukan bermaksud makin sotoy atau apa.. Sepertinya si pemilik cukup puas dengan rancangan huniannya.. Karena buat saya, biarpun tidak harus ideal, indah dan mewah, memiliki hunian (rumah) adalah impian tertinggi dari satu keluarga. AMIIIN! hehehe.

Ya. Begitulah komen singkat saya. Dan tak lupa meninggalkan kalimat:
"Tag this architectural work as my favorite"

Keep up your good work. Godspeed!

HT
hotmaspsiahaan@yahoo.com

its libertys sound said...

thank you